Ini Asal-Usul Sikat Gigi

reportasependidikan.com – Menyikat gigi sudah jadi rutinitas agar kesehatan gigi kita terawat, dengan sikat gigi yang dioleskan di atasnya pasta gigi atau odol.

Tapi, tahukah anda sekelumit sejarah tentang sikat gigi? Dibalik bentuknya yang dibuat sedemikian rupa agar enak dipakai.

  1. Dari ranting pohon
    Sikat gigi yang tercatat pertama dalam sejarah adalan pada tahun 3000 SM. Pada masa itu, ranting tanaman-tanaman tertentu digunakan untuk membersihakan gigi.  Hal ini dipraktekkan oleh bangsa Romawi dari Yunani Kuno.
  2. Memakai Tulang
    William Addis, seorang narapidana asal Inggris ini ditangkap karena dianggap menjadi penyebab kerusuhan. Saat dipenjara dia merasa bahwa bentuk sikat gigi saat itu yang menggunakan kain kasar yang sudah diolesi garam dan karbol pada gigi, masih bisa dikembangkan. Kemudian dia mencari sebuah tulang kecil, dan membuat lubang ditengahnya. Beberapa helai bulu kasar dikaitkan jadi satu lalu dimasukkan ke dalam lubang tadi dan di lem. Dari penemuan inilaih akhirnya William memproduksi sikat gigi secara besar-besaran pada tahun 1780, dan sangat laku di masyarakat.
  3. Plastik dan Nilon
    Pada tahun 1937 nilon ditemukan oleh Wallace H.Carothers di Du Pont Laboteries, Nemour Amerika. Penemuan nilon ini memicu perubahan bahan yang digunakan untuk dijadikan sikat gigi pada tahun 1938. Gagang tulangnya pun diganti dengan menggunakan plastik yang sudah ditemukan beberapa waktu sebelumnya.
  4. Sikat Elektrik
    Tahun 1959 dalam acara Asosiasi Dokter Gigi Amerika, sebuah perusahaan bernama Brostol-Myers Company memperkenalkan The Broxodent, sikat gigi elektrik pertama. Sejak itu perkembangan sikat gigi elektrik pun semakin pesat.

Itulah sekelumit tentang sejaah perkembangan sikat gigi dari masa ke masa, dari yang sederhana hingga yang paling canggih.

BACA JUGA:  Asal Mula Nama Bluetooth

Saat ini sikat gigi dibuat dengan berbagai macam bentuk yang menyesuaikan dengan kebutuhan kita dan mempermudah proses membersihkan gigi hingga ke sela-sela gigi.

Sumber: Ciptadent

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 574 times, 1 visits today)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page