LCM Rajawali Bawa Siswa SDI Perumnas Antang III Menapak Sejarah Purbakala di Leang-Leang

reportasependidikan.com – Siswa UPT SPF UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III kecamatan Manggala kota Makassar mengikuti kegiatan outing class bersama Lembaga Citra Muda (LCM) Rajawali, sabtu (11/5/2024).

Mereka akan mengunjungi Taman Arkeologi Leang-Leang yang terletak di kabupaten Maros.

Taman Arkeologi Leang-Leang yang sebelumnya bernama Taman Prasejarah Leang-Leang atau Taman Purbakala Leang-Leang adalah salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Maros dan Sulawesi Selatan yang menyajikan wisata edukasi tentang kepurbakalaan.

Kata “Leang-Leang” dalam bahasa setempat (Bugis-Makassar) memiliki makna “gua”. Di taman ini terdapat banyak gua prasejarah yang menyimpan peninggalan arkeologis manusia purba yang unik dan menarik. Para arkeolog berpendapat bahwa beberapa gua yang terdapat di sekitar kawasan tersebut pernah dihuni manusia sekitar 3.000-8.000 tahun SM.

 

Andi Asriani,  S.Pd, M.Pd selaku Kepala UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III mengatakan, kegiatan outing class ini bagus buat siswa. Karena siswa dapat melihat langsung jejak-jejak peninggalan prasejarah yang sulit ditemukan di daerah lain.

Di Taman Prasejarah Leang-Leang siswa akan menyaksikan langsung beberapa jejak peninggalan purbakala seperti gambar tapak tangan dan binatang di dalam Leang-Leang yang usianya diperkirakan sudah ribuan tahun.

BACA JUGA:  PPDB SDI Ung. BTN Pemda Terapkan Prokes Ketat

Kegiatan inipun akan menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa, karena hampir semua siswa belum pernah berkunjung ke Taman Prasejarah Leang-Leang, termasuk saya pun baru pertama kali berkunjung ke Leang-Leang.

Selain itu, kegiatan outing class inipun sangat sejalan dengan pembelajaran siswa di sekolah. Jadi siswa tidak sekedar berjalan-jalan tapi mereka belajar dan mencatat edukasi yang didapatkan selama kegiatan.

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 87 times, 1 visits today)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page