KKG Gugus I Kec. Panakkukang Gelar Workshop Pengimputan dan Pengelolaan Kinerja Guru di SDN Tamamaung I

reportasependidikan.com — Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I kecamatan Panakkukang kota Makassar menggelar kegiatan workshop di UPT SPF SD Negeri Tamamaung I.

Workshop ini tentang Pengimputan Pengelolaan Kinerja Guru pada Aplikasi PMM

Mengutip laman Pusat Informasi Guru Kemdikbud, pengelolaan kinerja pada PMM dirancang untuk memudahkan guru dan kepala sekolah dalam menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir.

PMM beroperasi dengan mengintegrasikan sistem informasi aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Fitur PMM ini bisa digunakan oleh para guru dan kepala sekolah.

Sebelum PMM diluncurkan, pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah dilakukan lewat e-Kinerja dan sistem lain dari BKN maupun Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Landasan utama pengadaan PMM didasarkan pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Pengguna Pengelolaan Kinerja di PMM
Tidak semua guru dan kepala sekolah dapat menggunakan pengelolaan kinerja pada PMM ini. Syarat utama pengguna fitur ini adalah guru dan kepala sekolah yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah naungan pemerintah daerah yang sudah menggunakan e-Kinerja dengan jenis Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sebagai berikut:

Guru mata pelajaran
Guru kelas
Guru bimbingan konseling (BK)
Guru pengganti
Guru teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Guru pendamping
Guru pendamping khusus
Guru pembimbing khusus
Play group teacher
Kindergarten teacher
Kepala sekolah

BACA JUGA:  Sambut Ramadan, SDI Toddopuli I Gelar Zikir dan Doa Bersama

Perbedaan e-Kinerja dan Pengelolaan Kinerja PMM
Meskipun sistemnya terintegrasi satu sama lain, tetapi e-Kinerja BKN dan pengelolaan kinerja di PMM berbeda. Pada PMM, perencanaan kinerja diselaraskan dengan prioritas Rapor Pendidikan tingkat satuan pendidikan.

Selain itu pelaksanaan kinerja dilakukan mengikuti periode semester (6 bulan) disertai pengumpulan bukti digital yang lebih sederhana. Dalam platform ini juga bisa dilihat pencapaian kinerja untuk mendukung capaian pembelajaran peserta didik.

Cara Menggunakan Pengelolaan Kinerja di PMM
Untuk mengakses fitur pengelolaan kinerja di PMM, pengguna harus memiliki akun belajar.id yang aktif. Selain itu, pastikan bahwa data guru terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Tahapan yang harus dilakukan pada pengelolaan kinerja di PMM antara lain perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja, dan penilaian kinerja. Ketiga hal tersebut perlu dilakukan setiap enam bulan sekali.

Dengan menggunakan pengelolaan kinerja pada PMM, guru bisa mendapatkan kemudahan dalam memilih satu praktik pembelajaran yang relevan dan memilih kegiatan pengembangan kompetensi sesuai preferensi.

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page